Senin, 08 November 2010

KOPAJA

Kopaja

Koperasi Angkutan Jakarta atau biasa di singkat Kopaja, adalah nama perusahaan yang menyediakan jasa angkutan umum berupa bus mini di Jakarta, Indonesia. Sama seperti MetroMini, bus-bus Kopaja berkapasitas 20-30 tempat duduk. Bus Kopaja berwarna hijau dan putih. Tapi meski berkapasitas 20-30 tempat duduk, seringnya kendaraan ini melebihi kapasitas seharusnya. Kalau dilihat dari sisi keselamatan, kendaraan ini sangat jauh dari aman, dimana segi fisik dari kendaraan ini sangat sudah tidak memadai untuk berjalan, sebagai contoh adalah tidak berfungsinya alat pengukur kecepatan dan alat kemudi yang cuma seadanya. Kalau dipandang dari sisi pengemudi sering sekali tampak ugal-ugalan di jalan dan tidak memperhatikan rambu-rambu lalu lintas di jalan sehingga sering sekali membahayakan pengguna jalan yang lain. Melihat dari sisi ramah lingkungan, kendaraan ini juga sebagai penghasil polusi yang cukup besar yang diakibatkan oleh mesin yang tidak bekerja secara fit sehingga menghasilkan pembuangan karbon yang cukup berbahaya dari pembakaran tidak sempurna.

Penomoran Trayek Kopaja

Skema penomoran trayek Kopaja dibuat serupa dengan Metromini, yaitu diawali dengan huruf yang sesuai dengan di wilayah kotamadya mana (di Jakarta) dia beroperasi, dan diikuti oleh nomor trayek.[1]
Terdapat 5 macam huruf yang digunakan:
  • P untuk Kotamadya Jakarta Pusat
  • B untuk Kotamadya Jakarta Barat
  • S untuk Kotamadya Jakarta Selatan
  • T untuk Kotamadya Jakarta Timur
  • U untuk Kotamadya Jakarta Utara.

Daftar Trayek dan Rute Kopaja Jakarta

P.19
Tanah Abang - Sudirman - Blok M - Ragunan Depan
P.16
Tanah Abang - Slipi Jaya - Kemanggisan - Kedoya - Ciledug
P.20
Senen - HOS Cokroaminoto - Rasuna Said - Warung Buncit - TB Simatupang - Lebak Bulus
U.27
Senen - Kelapa Gading
T.57
Terminal Kp. Rambutan - Raya Bogor - Cililitan (PGC) - Dewi Sartika - Kalibata - Duren Tiga - Warung Buncit - Tendean - Wolter Monginsidi - Terminal Blok M.
S.66
Blok M - Rasuna Said - Latuharhari - Sultan Agung (Pasar Rumput) - Manggarai
S.68
Kp.Melayu - Ragunan - Pasar Minggu - Pancoran
B.86
Kota - Lebak Bulus
T.502
Kampung Melayu - Tanah Abang
S.602
Ragunan Depan - Tanah Abang
605
Blok M — Kampung Rambutan
Terminal Blok M - Iskandarsyah - Melawai - Panglima Polim - Darmawangsa - Darmawangsa 4 - Darmawangsa 13 - Fatmawati - Abdul Majid - Kemang Selatan 8 - Kemang - Kemang Selatan - Ampera - TB Simatupang - Masuk Tol AMPERA~1 - Keluar Tol~30 "Cililitan—Cijantung" - Terminal Kp. Rambutan.
605A
Blok M — Ragunan Depan
Terminal Blok M - Prapanca - Kemang - Kemang Selatan - Ampera - TB Simatupang - Harsono - Terminal Ragunan (Ragunan Depan).
S.608
Blok M - Tanah Abang
S.609
Blok M - Kebayoran Lama - Cipulir - Meruya
S.612
Ragunan Belakang — Kampung Melayu
S.613
Blok M - Bintaro
S.614
Pasar Minggu - Warung Buncit - Pejaten Barat - Ampera - Kemang Selatan - Benda - Puri Sakti - Antasari - Taman Brawijaya - Darmawangsa 15 - Darmawangsa - Darmawangsa 6 - Wijaya 2 - Panglima Polim - Kramat Pela - Barito 2 - Barito 1 - Kyai Maja - Cipulir.

Daftar Trayek dan Rute Kopaja Bekasi

  • T.624 : Bekasi - Delta Mas
  • S.140 : Bekasi - Jatiasih

Catatan kaki

  1. Penggunaan huruf di depan nomor trayek saat ini jarang atau bahkan tidak tercantum lagi pada bus Kopaja. Hanya nomor trayek saja yang tercantum pada kaca depan, kaca samping, dan kaca belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar